Apa itu 1 (satu) SKS?

0

Di perkuliahan, ada istilah SKS. Bagi ANTEK sering dianggap sebagai SISTEM KEBUT SEMALAM, namun apa arti sesungguhnya? Simak urain berikut.
  • SKS (Satuan Kredit Semester)

SKS merupakan satuan beban studi pada setiap mata kuliah yang akan diambil nantinya. Satu mata kuliah memiliki beban dua hingga tiga SKS. Namun, adapula mata kuliah yang memiliki beban tinggi, seperti mata kuliah tugas akhir/skripsi. Nah, semakin besar nilai SKS maka semakin banyak beban kuliah yang harus dijalani mahasiswa.
SKS ini pun penting untuk menentukan lulus atau tidaknya, juga menentukan cepat atau tidaknya masa perkuliahan yang akan ditempuh.
Bersumber dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), “Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan jumlah SKS tertentu. Misalnya program sarjana (S1) mempersyaratkan mahasiswanya menyelesaikan 144 SKS, program D3 mempersyaratkan 108 SKS”.
Ilustrasi nya:
Dari gambar diatas, berarti MK 2 SKS bermakna Dosen mempunyai kewajiban dan Mahasiswa memiliki HAK Kegiatan tatap muka (kelas) 100 menit, Kegiatan Tersturktur 100 menit, dan Kegiatan Mandiri 120 menit. Yang perlu di garisbawahi adalah HAK dan KEWAJIBAN, sehingga Kewajiban DOSEN memberi Tugas dan Hak MAHASISWA meminta TUGAS baik itu TERSTRUKTUR dan MANDIRI. Kalo DOSEN nya lupa... MAHASIWA harus mengingatkan untuk MEMINTA TUGAS..... eaaaaa
Dari SKS tersebut kita coba breakdown, berapa lama mahasiswa D3 maupun S1 menempuh masa studinya... dengan asumsi bahwa Program Diploma 3 (D3) jumlah SKS lulus sebanyak 108 SKS, dan Program Sarjana (S1) jumlah SKS lulus sebanyak 144 SKS.
  • Masa Studi D3

  • Masa Studi S1
Dengan investasi waktu selama 6 hari/minggu, 8 jam/hari.... maka mahasiswa D3 di target lulus 6 semester (3 tahun), dan mahasiswa S1 ditarget lulus 8 semester (4 tahun).

Update:
Berdsarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang
Standar Nasional Pendidikan Tinggi; pengertian 1 SKS menjadi:
= 170 menit/ minggu/ semester 
= 170 menit x 14 minggu 
= 2.380 menit 
= 39,7 jam

Bentuk Pembelajaran 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial, terdiri atas: 
a. kegiatan proses belajar 50 (lima puluh) menit per minggu per semester; 
b. kegiatan penugasan terstruktur 60 (enam puluh) menit per minggu per semester; dan 
c. kegiatan mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester 
1 semester = 16 minggu termasuk 2 minggu untuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)