Structural Equation Modeling


Pencerahan baru dalam pengolahan Data... alhamdulillah diberi kesempatan mengikuti kelas Matrikulasi Mata Kuliah Pengenalan SEM atau Structural Equation Modeling. Kenapa disebut 'pengenalan'...karena ternyata tingkat kompleksitas materi dan studi kasus sangat luas. But show must go on......

Mata Kuliah ini di ampu oleh pakar Statistik khususnya SEM yakni Bapak Dr. Ir. Solimun, MS. Beliau merupakan pengajar homebase Prodi Statistika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Brawijaya, selain itu merupakan penulis beberapa buku diantaranya yang merupakan BEST SELLER yaitu Metode Statistika Multivariat_Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS.

WarpPLS adalah software aplikasi yang dikembangkan oleh Ned Kock menggunakan Matlab compiler dan Java.  Software ini dapat menganalisis model SEM yang berbasis varian atau lebih dikenal dengan Partial Least Square. Model analisis SEM dengan WarpPLS dapat mengidentifikasi dan mengestimasi hubungan antar variabel laten apakah hubungan tersebut bersifat linier atau non linier. Ada 4 pilihan estimasi model yaitu :

  1. Warp3 PLS Regression : hubungan antar variabel laten diidentifikasi dan estimasi berbentuk kurva "S" (S curve).
  2. Warp2 PLS Regression : hubungan antar variabel laten diidentifikasi dan estimasi berbentuk kurva "U" (U curve)
  3. PLS Regression : Hubungan antar variabel laten diidentifikasi dan estimasi bersifat linier.
  4. Robust Path Analysis : untuk mengetahui/menghitung skor faktor dari rata-rata nilai semua indikator dengan variabel latennya.

Pada Mata Kuliah ini beberapa materi yang disampaikan adalah:

Berhubung materi diatas bersifat TERTUTUP (sementara masih internal), maka beberapa link dibawah dapat menggambarkan cakupan materi MK ini. 

Selain itu yang pneting menjadi catatan, bahwa pesan beliau..
Disertasi yang baik adalah:
1. Selesai di tulis
2. Selesai di uji
3. Tepat waktu

Penelitian yang baik memenuhi kaidah berikut:
1. Original
2. Scientific Content
3. Use fullness
4. Validity 
5. Parsimony 




Bahan Video silahkan klik link berikut: